Jumat, 19 Maret 2010

contoh KTSP

BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang
Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu system pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Th. 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan Pendidikan, peningkatan mutu, relefansi, serta efesiensi managemen pendidikan. Implementasi Undang-Undang No. 20 th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan kedalam sejumlah peraturan antara lain, Peraturan Pemerintah No. 19 th. 2006 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan 8 (delapan) Standar Nasional, yaitu :
1. Standar Isi
2. Standar proses Pembelajaran
3. Standar Kompetensi Kelulusan
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
6. Standar Pengelolaan Lembaga Pendidikan
7. Standar Pembiayaan
8. Standar Penilaian Pendidikan.
Dalam hal kaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dibahas standar isi, sebagaimana dimaksud oleh Peraturan Mentri No. 19 Th. 2006, mencakup :
1. Kerangka dasar dan struktur kurikulum, yang merupakan pedoman untuk penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.
2. Beban belajar bagi peserta didik pada tiap satuan pendidikan baik tingkat dasar maupun menengah.
3. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan yang disusun dan dikembangkan oleh satuan pendidikan, berdasarkan panduan penyusunan dari badan standar nasional pendidikan.
4. Kalender Pendidikan, untuk menyelenggarakan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.


B. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

Visi :
Berilmu, Beriman, Beramal, dan Lingkungan Hijau

Misi :
Untuk mencapai visi yang telah dirumuskan penjabaran misinta adalah sebagai berikut :
o Meningkatkan daya saing dalam bidang ilmu Pengetahuan dan Teknologi
o Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
o Meningkatkan siswa yang berkepribadian yang beriman dan bertakwaserta memiliki akhlak yang mulia
o Mengembangkan sikap social dan ikhlas beramal
o Menciptakan lingkungan sekolah yang hijau dan bersih

Tujuan :
Pendidikan di Sekolah Dasar Jaya Sakti 02 bertujuan untuk :
o Mendidik siswa agar memiliki Ilmu dan Pengetahuan dan Teknologi sehingga mampu bersaing dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi
o Mengembangkan keterampilan hidup masyarakat
o Membentuk pribadi siswa yang Bener, Pinter, jeung Singer, serta berbudi pekerti luhur
o Mengembangkan sikap jiwa social muda dan ikhlas beramal sejak dini
o Menjadikan lingkungan sekolah swebagai tempat pembelajaran dan riset penelitian






BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A. Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum yang dilaksanakan di SDN Jayasakti 02 Kec. Muaragembong memuat: Mata pelajaran wajib, Muatan Lokal dan Pengembangan Diri dengan rincian sebagai berikut :

Tabel 2.1
STRUKTUR KURIKULUM
K O M P O N E N Kelas dan Alokasi Waktu
I II III IV V VI
A. MATA PELAJARAN
1. Pendidikan Agama

3
3
3

2. Pendidikan Kewargnegaraan
2
2
2

3. Bahasa Indonesia
5
5
5

4. Matematika
5
5
5

5. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3

7. Seni dan Keterampilan
4
4
4

8. Pend. Jasmani, olahraga dan Kesehatan
4
4
4

B. MUATAN LOKAL
4
4
4

C. PENGEMBANGAN DIRI **)
2
2
2

J U M L A H
26
27
28
34
34
34



B. Muatan Kurikulum
Muatan Kurikulum SDN Jayasakti 02 meliputi sejumlah Mata Pelajaran, Muatan Lokal dan Kegiatan Pengembangan Diri yang keluasan dan kedalamannya yang menjadi beban belajar bagi peserta didik, yaitu:
1. Mata Pelajaran Wajib
a. Pendidikan Agama
b. Pendidikan Kewarganegaraan
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Ilmu Pengetahuan Alam
f. Ilmu Pengetahuan Sosial
g. Pend. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
h. Seni, Budaya dan keterampilan
2. Muatan Lokal, terdiri dari :
a. Muatan Lokal Wajib : Bahasa Sunda
b. Muatan Lokal Pilihan : Bahasa Inggris
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri mencakup 2 jenis kegiatan, yaitu ;
a. Pembentukan karakter, melalui kegiatan pembiasaan, seperti :
1. Kegiatan rutin :
o Upacara bendera
o Shalat Berjamaah
o Pemeriksaan kebersihan sebelum masuk kelas
o Memelihara tanaman di taman
o Membaca buku di perpustakaan
o Menghafal perkalihan, pembagian sebelum masuk kelas
2. Kegiatan Spontan
o Memberi Salam
o Membaca Do’a sebelum dan sesudah belajar
o Membuang sampah pada tempatnya
o Membantu temab yang terkena musibah (sakit )
o Berpakaian rapih
3. Kegiatan keteladanan
o berpakaian rapih dan bersih
o tepat waktu dalam segala hal
o penampilan sederhana
o bersikap sopan dan ramah




4. Kegiatan Terprogram
o Kegiatan Keagamaan
o Pecan kreatifitas siswa
o Karya wisata dan Study Tour
o Memperingati Hari Besar Nasional
o Memperingati Hari Besar Islam
b. Pengembangan bakat dan minat, melalui kegiatan ekstra kurikuler, meliputi:
o Bidang Seni dan Budaya, yaitu kegiatan : Musik, Paduan suara
o Bidang Olahraga, yaitu kegiatan : Sepak Bola, Footsal dan
Volly Ball
o Bidang Organisasi, yaitu kegiatan : Kepramukaan
o Bidang ……………......, yaitu kegiatan : …………………………………….

4. Pengaturan Bahan Belajar
Sekolah Dasar Negeri Jayasakti 02 menggunakan system paket belajar dalam struktur kurikulum sebagai berikut:
a. Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran sesuai pada struktur, lamanya setiap jam pelajaran 35 menit untuk semua kelas
b. Ada tiga jenis kegiatan belajar siswa, yaitu:
1) Kegiatan belajar tatap muka dengan guru
2) Kegiatan belajar tugas terstruktur
3) Kegiata belajar sendiri
c. Alokasi waktu untuk pembelajaran tugas terstruktur adalah 40 % dari jumlah kegiatan tatap muka.
d. Kegiatan Ekstra Kurikuler terintegrasi dalam kegiatan pengembangan diri dan waktunya ekuivalen artinya sejumlah 2 jam pelajaran.
e. Penambahan waktu yang diberikan oleh BNSP disekolah, kami gunakan untuk pembelajaran computer.

5. Ketuntasan Belajar Minimal
Ketuntasan belajar minimal setiap mata pelajaran disesuaikan dengan kompleksitas dan esensial serta sarana dan prasarana yang tersedia. Adapun Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) dapat dilihat dalam table 2.2

6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Kenaikan Kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Siswa sudah menyelesaikan semua program pembelajara dengan memenuhi criteria ketuntasan belajar minimal, untuk semua kompetensi dasar,
2. Persentase kehadiran di kelas VI adalah minimal 75 %

3. Dinyatakan lulus ujian sekolah
4. Dinyatakan lul;us ujian nasional ( jka ada )
5. Berperilaku rata – rata baik ( B )

Tabel 2.2
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
KOMPONEN KETUNTASAN TIAP KELAS
I II III IV V VI

A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Seni Budaya
8. Penjas dan Olahraga
B. Muatan Lokal
1. Basa Sunda
2. Bahasa Inggris
C. Pengembangan Diri

60
60
65
65
60
60
60
60

60
55

60
60
60
60
60
60
60
65

60
55

60
60
60
60
60
60
60
65

60
60

60
60
60
65
60
60
60
65

60
60

60
60
60
60
60
60
60
65

60
60

60
60
60
60
60
60
60
65

60
60


7. Pendidikan Kecakapan hidup ( Life Skills )
Kurikulum pada Sekolah Dasar Negeri Jayasakti 02 memasukkan pendidikan kecakapan hidup yang meliputi :
a. Pendidikan Kecakapan Hidup Umum, meliputi :
1) Toleransi hidup beragama dan berbangsa
2) Penyalahgunaan obat terlarang dan Narkoba
3) Rajin bekerja keras dalam hidup
4) Peduli pada lingkungan untuk kehidupan
b. Pendidikan Kecakapan Hidup Khusus, meliputi :
1) Kecakapan Hidup Akademis : ialah Pembelajaran kecakapan khusus yang dikembangkan dari mata pelajaran pada waktu diluar jam pelajaran pokok, seperti : Latihan Olahraga Prestasi dan Latihan Kasidah.
2) Kecakapan Hidup Vokasional : ialah pelajaran keterampilan khusus / kerajinan yang menghasilkan uang dilaksanakan diluar jam pelajaran sesuai dengan minat anak, seperti : Belajar beternak, ketermapilan home industry dan belajar kaligrafi.

8. Pendidikan berbasis keunggulan local dan gelobal
a. Pembelajaran yang memanfaat6kan potensi daerah agar menjadi unggulan atau bermanfaat secara universal.
b. Pendidikan berbasis unggul ini belum dapat dilaksanakan di sekolah kami, karena fasilitas dan tenaga belum ada.

BAB III
KALENDER PENDIDIKAN DAN PENGGUNAAN SILABUS


A. Kalender Pendidikan
Kalender Pendidikan SD Negeri Jayasakti 02 Kecamatan Muaragembong disusun dengan berpedoman pada kalender Pendidikan secara nasional yang disesuaikan dengan program sekolah. Adapun rinciannya sebagai berikut :

Tabel 3.1
REKAP HARI LIBUR DAN HARI EFEKTIF SEMESTER I
TAHUN 2008
BULAN JUMLAH HARI
KALENDER LIBUR EFEKTIF KBM
JULI 18 3 15 13
AGUSTUS 31 6 25 18
SEPTEMBER 30 12 18 7
OKTOBER 31 14 17 12
NOPEMBER 30 5 25 25
DESEMBER 31 9 22 22
JUMLAH 171 49 122 97


Tabel 3.2
REKAP HARI LIBUR DAN HARI EFEKTIF SEMESTER II
TAHUN 2008
BULAN JUMLAH HARI
KALENDER LIBUR EFEKTIF KBM
Januari 31 14 17 14
Februari 28 4 24 20
Maret 31 7 24 20
April 30 5 25 21
Mei 31 7 24 -
Juni 30 6 24 -
JUMLAH 181 43 138 75


CATATAN :
a. 1-3 September : Libur awal puasa
b. 15-20 September : Ulangan tengah Semester satu
c. 1-11 Oktober : Libur Idul Fitri
d. 9-20 Desember : Ulangan Akhir Semester Satu
e. 27-31 Desember : Pembagian Raport Semester Satu
f. 01-10 Januari : Libur Semester Satu
g. 6-21 Maret : Ulangan Tengah Semester Dua
h. 1-6 Juni : Ujian SD
i. 8-20 Juni : TKD dan Ulangan Umum Semester Dua
j. 27 Juni : Pembagian Raport Semester Dua
k. 29 Juni-12 Juli : Libur Semester Dua

B. Pengembangan Silabus
1. Pengembangan Silabus dilaksanakan oleh guru dalam kegiatan KKG dengan berpedoman pada pola silabus dari pengembang kurikulum daerah. (Silabus tertera dalam lampiran 1)
2. Penyusunan RPP dibuat berpedoman pada pengembangan silabus baik dari Dinas maupun hasil produk KKG, yang disesuaikan dengan sarana, prasarana, waktu, sumber belajar, serta lingkungan yang ada. ( RPP terlampir dalam lampiran 2 )
3. Untuk menunjang pelaksanaan KBM dari realisasi silabus dan RPP, maka ditetapkan buku sumber, sbb:
a. Buku Sumber Guru
1. Penerbit Sarana Panca Karya Utama
2. Penerbit Erlangga
3. Penerbit Tiga Serangkai
b. Buku Sumber murid
1. Penerbit Sarana Panca Karya Utama
2. Penerbit Aneka Ilmu
3. Penerbit Inti Media
4. Penerbit Widya Duta
5. Penerbit Hipiosa
6. Penerbit sahabat.

Muaragembong, Juli 2008
Kepala Sekolah


ACHMAD SOFYAN
NIP. 130 415 894

Lampiran – Lampiran
1. Pengembangan Silabus Kelas I
2. Pengembangan Silabus kelas II
3. Pengembangan Silabus Kelas III
4. Pengembangan Silabus Kelas IV
5. Pengembangan Silabus Kelas V
6. Pengembangan Silabus Kelas VI
7. Contoh RPP







































DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN BEKASI






KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)

























DISUSUN OLEH :
SDN JAYASAKTI 02







UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MUARAGEMBONG
2008/2009


LEMBAR PERSETUJUAN







KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN INI TELAH DIPELAJARI DAN DISETUJUI OLEH YBK :




KETUA KOMITE SEKOLAH SDN JAYASAKTI 02





R O J A L I




PENGAWAS TK / SD KECAMATAN MUARAGEMBONG





S Y A R I P, S.Pd.I
NIP. 131 617 178







KEPALA UPTD TK / SD KECAMATAN MUARAGEMBONG






H. SUTARYAT ANWAR HIDAYAT,S.Pd
NIP480 072 968












KATA PENGANTAR




Sejalan dengan tuntutan masyarakat dan perkembagan global pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan-perubahan, saat ini perubahannya sangat mendasar yaitu pengembangan kurikulum yang penyusunnya diserahkan kepada sekolah. Penyelenggaraan pendidikan disekolah diharapkan akan lebih demokratis, pembinaan sekolah akan disesuaikan dengan kondisi tuntutan lingkungan setempat.
Peraturan Menteri No. 22 Th. 2006 tentang standar isis, dan No. 23 tentang standar kelulusan dapat menjadi acuan yang mendasar untuk penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Ini merupakan upaya pemerintah dalam mendorong, anak-anak untuk lebih maju, kreatif dan mandiri.
Saya selaku Kepala Sekolah ingin membantu pemerintah agar peraturan-peraturan diatas dapat segera dilaksanakan di Negara kita. Guru dapat dengan segera melaksanakan proses pembelajaran dengan KTSP serta dapat menilai keberhasilannya dengan pedoman penilaian yang terbaru.
Mudah-mudahan KTSP ini menjadi acuan bagi guru dan orang tua murid dalam membimbing anak-anaknya dirumah.


Muaragembong, .Juli 2008
Kepala Sekolah
SDN Jayasakti 02



ACHMAD SOFYAN
NIP. 130 415 894












DAFTAR ISI



Halaman
Kata Pengantar……………………………………………………………..i
Daftar isi …………………………………………………………………...ii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………………………1
B. Visi Misi Tujuan……………………………………….2
BAB II STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
B. Struktur kurikulum …………………………………….3
C. Muatan kurikulum……………………………………...3
D. Rekap hari libur dan hari efektif……………………….6
BAB III KALENDER PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN
A. Kalender Pendidikan……………………………………7
B. Pengembangan Silabus…………………………………8
Lampiran – Lampiran……………………………………………………….iv